Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Cara Mencegah Bau Mulut Saat Puasa

Cara Mencegah Bau Mulut Saat Puasa - Beberapa hari lagi kita akan menyambut datangnya dan memasuki bulan penuh rahmat dan ampunanyakni bulan puasa wajib ramadhan.Sejak sekarang kita telah memulai berbagai persiapan baik secara tradisi kebiasaan masing-masing.Bau mulut selama berpuasa memang cukup mengganggu.Apalagi,ketika pekerjaan Anda mengharuskan berinteraksi dengan orang banyak.

Tentu,ada perasaan tak mau canggung karena bau mulut,jika tahu cara menyiasatinya,ternyata Anda bisa menjalankan puasa tanpa bau mulut ketika berbincang mengobrol dengan orang lain,sehingga kata2 yang diucapkan dapat bisa difahami tanpa terganggu konsentrasi yang disebabkan bau.Sebaiknya,periksakan gigi secara teratur untuk membersihkan plak/ karang gigi dan menjaga kesehatan gusi.Sehingga selama berpuasa tidak akan terganggu oleh masalah mulut dan gigi.

Tips Cara Mencegah Bau Mulut Saat Puasa


Cara Mencegah Bau Mulut Saat Puasa

Berikut ini adalah beberapa tips buat Anda agar terbebas dari bau mulut :
  • Hindari menyantap hidangan yang beraroma ‘aduhai’ seperti petai, jengkol, bawang mentah pada saat bersantap sahur.
  • Selesai makan sahur, minum ai putih banyak-banyak.
  • Menggosok gigi dan menyikat lidah setelah makan dan menjelang tidur. Permukaan lidah yang tak rata memungkinkan adanya sisa makanan tersangkut di sana.
  • Berkumur dengan larutan khusus (antiseptik) untuk menghilangkan bau mulut.
  • Sahur dengan menu sayuran tumis atau sayur bening dan ditutup dengan semangkuk0buah segar.
  • Air rebusan daun sirih dapat digunakan untuk berkumur setelah makan sahur.Air ebusan sirih berfungsi sebagai antibakteri penyebab bau mulut.

Di lingkungan keluarga Arab ada kebiasan mengunyah sejumput adas manis sehabis makan.Setelah dikunyah dan disisip airnya,ampasnya dibuang.Aroma adas manis yang harumnya mirip aroma obat batuk benar-benar ‘pencuci mulut’ yang bisa diandalkan saat puasa.

Demikian Tips Cara Mencegah Bau Mulut Saat Puasa Semoga Bermanfaat.