Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Alami dan Sangat Ampuh Mengusir Semut

Cara Ampuh Mengusir Semut _ Banyak jenis semut yang terkadang keberadaannya dianggap menggagu baik semut rangrang, hitam, merah ataupun semut kecil-kecil lainnya. Basmi dan Usir Semut pada Rumah Keberadaan serangga yang satu ini, terkadang membuat kita kesal. Apalagi jika sudah membuat sarang di sela-sela rumah kita. Membuat kotor dan terlihat berantakan. Kebanyakan orang, mungkin memiliki cara mengusir semut dengan menggunakan pestisida. Tapi ternyata, pestisida itu kurang aman. Malah ada beberapa yang berbahaya untuk lingkungan dan kesehatan.

Cara Ampuh Mengusir Semut Rangrang

Ada beberapa cara alami yang dapat dilakukan untuk mengusir dan membasmi semut. Bila semut berada di luar rumah, Anda bisa mencampur gula halus dan boric acid (asam boraks).  Taburkan campuran tersebut ke sekitar sarang semut atau di tempat semut tersebut berkumpul. Semut,akan mengusung makanan ini ke sarangnya dan akan meracuni sekelompok semut yang ada di sarangnya. Anda bisa juga menaburkan boric acid, di sekitar tempat gula atau kecap. Semut, tidak menyukai bau cuka. Cara ini, juga bisa digunakan untuk mengusir si penyuka manis ini meski hanya sementara waktu.


Campurkan cuka dan air dengan perbandingan secukupnya. Lalu,semprotkan di sekitar tempat yang banyak semutnya. Cara lainnya adalah dengan air panas. Tuangkan air panas di dekat sarang dan biarkan air mengalir ke sekitarnya. Cara ini dapat membunuh semut, jika semut tersebut bersentuhan dengan air panas.

Kemudian cara terakhir adalah dengan daun sirih yang juga bisa dipakai sebagai alat pengusir semut alami. Sirih adalah nama sejenis tumbuhan merambat yang bersandar pada batang pohon lain. Minyak atsiri dari daun sirih mengandung minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak serta chavicol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasidan fungisida anti jamur. Caranya dengan menghancurkan daun sirih dan letakkan di tempat semut berkerumun.

Lindungi tanaman dari semut Rangrang

Tumbuhan sering kali dijadikan tempat tinggal oleh semut dan tentunya hal ini mengganggu. Ada cara untuk mengusir semut dari pohon tanpa perlu membunuh semut tersebut. Cara yang harus ditempuh adalah kumpulkan beberapa kulit telur ayam,lalu bakar hingga warnanya berubah menjadi hitam. Setelah berubah warna, tumbuk sampai halus.Taburkan bubuk kulit telur tersebut di sekeliling tanaman yang sering dijadikan tempat tinggal. Dalam waktu yang tidak lama semut-semut pun akan segera pergi.

Balsem si Pengusir semut

Di saat kita asyik-asyiknya memanjat pohon buah,tiba-tiba dikerumuni semut merah atau semut rangrang,seketika itupun ritual memanjat pohon dibatalkan. Agar hal itu tidak terulang untuk kedua kalinya,olesi bagian bawah dan tengah batang pohon dengan balsem merek apa saja. Pilih balsem yang berbau sangat tajam.Dijamin,semut merah segera kabur.

Cara Alami Mengusir Semut

Kamar Anda pernah didatangi gerombolan semut? Terkadang kedatangan mereka
menyebalkan juga, terutama kalau “menyerang” makanan kita. Lebih menyebalkan lagi kalau yang datang semut merah kecil-kecil. Bayangin aja,lagi asyik-asyik mengetik pakai komputer tiba-tiba ada serangan semut merah kecil.Lumayan juga efek serangannya, sampai membuat gatal-gatal.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Ada berbagai macam cara, misalnya menggunakan racun semut atau kapur semut. Tapi ada cara yang lebih alami, yaitu menggunakan cengkeh. Silakan cari di toko terdekat *carinya di toko yang jual ya =D. Nih ,buat yang belom tahu rupanya cengkeh. Caranya cukup sederhana. Taburkan cengkeh di sekeliling benda yang akan dilindungi dari semut. Jadi, jika ingin kamar terbebas dari semut, ya tinggal taburkan cengkeh secukupnya di seluruh pelosok kamar, terutama yang dicurigai sebagai jalur masuknya semut.

Kalau mau melindungi gula dari semut, cukup masukkan beberapa cengkeh ke dalam gula. Nah, ini kelebihan cara alami ini, kalau racun semut nggak mungkin dimasukkan ke dalam gula.:p. Cara ini cukup ampuh mengatasi serangan semut. Tapi tetap saja ada efek sampingnya,,lho??Iya,,nanti kamar Anda bisa-bisa dibilang pabrik rokok oleh teman yang datang berkunjung ^^