Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis

Ditengah bencana pandemi covid19 sekarang ini semua fihak memang harus bekerja keras untuk meminimalisir penularan virus corona, kita haruslah menjaga kesehatan, meningkatkan imunitas tubuh, menjaga kebersihan terutama sering mencuci tangan menggunakan sabun ataupun menggunakan hand sanitizer secara berkala serta mengikuti anjuran dan aturan pemerintah untuk melasanakan social distancing seperti menjaga jarak minimal satu meter dan menghindari kerumunan.

2 Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis


Dan kita berharap serta berdo'a semoga keadaan seperti sekarang ini segera berakhir kemudian berlangsung normal agar dibeberapa hari kedepan disaat memasuki bulan puasa wajib ramadhan 1444 hijriyah kita bisa menjalankan aktivitas yang sudah terbiasa dilakukan seperti shalat tarawih, kuliah shubuh, tadarusan, ataupun buka bersama hingga datangnya lebaran idul fitri.

Beberapa wilayah sudah melalukan karantina atau pembatasan hilir mudik keluar masuk warga yang berimbas pada perekonomian masyarakat, disatu sisi kita harus mencari nafkah untuk menghidupi keluarga disisi lain harus pula mematuhi aturan yang berlaku. 

Untuk sedikit meringankan beban masayarakat, pemerintah pun mengeluarkan beberapa kebijaksanaan diantaranya dengan memberikan pembebasan biaya tarif listrik bagi konsumen rumah tangga 450 Volt Ampere (VA) dan pemberian keringanan tagihan 50% kepada konsumen rumah tangga bersubidi 900 VA. Untuk pelanggan rumah tangga 450 VA pascabayar akan langsung dibebaskan tagihannya pada bulan April, Mei dan Juni.

Berikut ini cara pengambilan token gratis atau klaim kompensasi biaya listrik untuk pelanggan rumah tangga daya 450 VA dan diskon 50% untuk Pelanggan Rumah Tangga daya 900 VA bersubsidi seperti dilansir keterangan resmi PLN di Jakarta pada hari Kamis tanggal 2/4/2020.


2 Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis :

1. Cara mekanisme website :

  • Buka Alamat www.pln.co.id kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus covid-19

  • Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar

  • Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan

2. Melalui aplikasi whatsapp :

  • Buka Aplikasi WhatsApp

  • Chat ke nomor resmi PLN yakni 08122-123-123 lalu ikuti petunjuk salah salah satunya masukkan ID Pelanggan

  • Token gratis akan muncul

  • Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan

Dengan ID Pelanggan tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir.Saat ini ada sekitar 24 juta data pelanggan rumah tangga 450 VA, ditambah 7 juta pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi yang harus dimasukkan ke dalam sistem.Proses ini akan tuntas dalam sepekan ke depan, sehingga seluruh pelanggan yang digratiskan dan mendapatkan diskon sudah dapat terlayani seluruhnya.