Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih Busana Pesta Muslimah

Cara Memilih Busana Pesta Muslimah _ Trend busana pesta dewasa ini tidak lagi baku dengan acuan mode yang sudah ada, termasuk busana muslim. Desainer busana muslim dari rumah mode Bilqis, Tuti Adib Ajiputra mengatakan, kini busana muslim khususnya busana pesta lebih bervariasi. Busana pesta sekarang ini mulai menggunakan bahan-bahan yang berat, tidak hanya menggunakan bahan ringan seperti chiffon silk, ujarnya kepada Republika Online ketika dihubungi melalui saluran telepon di Jakarta. Menurut Tuti,pemilihan bahan-bahan berat harus memperhatikan teknik pemotongan (cutting), sehingga busana yang digunakan terasa nyaman. Pemilihan bahan juga harus bisa menyerap keringat dengan maksimal.

Cara Memilih Busana Pesta Muslimah

Agar lebih menarik desain busana dapat dipercantik dengan aplikasi, seperti manik-manik, lipit di bagian tertentu atau bordir. "Permainan aplikasi dapat membuat busana jadi eye catching, apalagi busana pesta tidak lepas dari permainan motif. Yang penting penempatannya sesuai dan serasi dengan potongan bahan," papar Tuti.


Selain manik-manik, bordir dan permainan lipit, pemakaian aksen batik, bisa membuat busana pesta asal Indonesia mempunyai ciri khas. "Desainer-desainer Indonesia punya kemampuan untuk mengeksplorasi bahan atau mode sehingga tren busana Indonesia lebih bervariasi, contohnya sentuhan batik dibeberapa rancangan teman-teman disainer," jelasnya. Hal tersebut membuat Tuti semakin optimis tren busana Indonesia bisa menjadi pioner di Asia. Kepada para pelanggan, Tuti selalu memberi saran agar tidak mengutamakan tren. Pasalnya, tidak semua orang akan terlihat serasi dengan model pakaian yang sedang 'ngetren'. "Kepada pelanggan saya menyarankan, bukan tren apa yang ada sekarang, tetapi saya lebih melihat kepribadiannya, karakter dan bentuk tubuhnya, setelah itu baru dimasukan unsur tren modenya. Busana yang dikenakan jika serasi dengan pribadi akan membawa aura," papar Tuti.

Selain karakter hal yang harus diperhatikan adalah usia pemakai. Untuk usia remaja Tuti menyaran memilih busana dengan desain yang sederhana. Busana dengan bahan yang menyerap keringat sesuai dengan karakter remaja yang enerjik. Kemudian, bagi ibu muda Tuti menyarankan busana dengan aplikasi namun tetap minimalis. Penambahan bordir akan terlihat cantik pada busana bagi ibu muda. Bentuk badan pun berpengaruh pada performa busana yang dikenakan. Tren busana muslim sekarang ini dipengaruhi dari Timur Tengah, model gamis semarak di toko-toko busana muslim. Namun untuk yang berbadan mungil hindari busana gamis.